Skip to main content

Featured

Here we go, One Day Trip to Tokyo Disneyland

17 Agustus 2017 Di postingan sebelumnya saya sudah jelaskan hal-hal apa saja yang wajib minna ketahui untuk datang ke Tokyo Disneyland. Sekarang here we go, ini nih real nya. Biar minna sekalian bisa mengikuti alur kami saat ke Tokyo Disneyland. Stasiun terdekat Tokyo Disneyland adalah Maihama Station. Dari tokyo station diperlukan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan train (JR Keiyo Line: 200 Yen:  googlemap ). Begitu sampai Maihama Station, minna menuju South Exit. Lalu keluar dengan cara menempelkan kartu suica/pasmo/JR Pass atau tiket lainnya di pintu keluar south exit tersebut. South Exit Maihama Station Tempelkan Suica/Pasmo/JR Pass atau masukkan tiket sejenis Begitu sampai di luar stasiun, apabila minna ingin naik monorail, minna bisa menuju ke arah kiri stasiun. Nanti minna akan ketemu tiket counter untuk naik monorailnya. Apabila minna ingin  jalan kaki, minna menuju ke arah sebelah kanan stasiun maihama (south exit). Monorail Bernuansa Mickey Da

Itinerary Osaka Kyoto 7 hari 6 malam (Day 5)

Setelah day pertama sampai dengan day keempat di osaka, kali ini kita akan ke kyoto.
Total hari kita di kyoto adalah 2 hari dengan penginapan 1 malam saja. Kebetulan kita pesan penginapan di AirBnB dapat sekitar daerah Gion yang terkenal dengan perempuan dengan dandanan ala-ala Jepang yang biasa disebut sebagai Geisha atau Maiko atau geiko.

Day 5. Kyoto
09.00-09.10
Check out penginapan di Osaka. Bersiap ke kyoto. Jangan lupa bawa bekal makan siang (untuk jaga2 aja klo kesulitan cari makan). Bisa beli onigiri/bread  di convenience store terdekat.

09.11- 09.40
Otw ke shin-osaka station.
Rute:
Nishitanabe Station (Midosuji Line: Senrichuo) to Shin-Osaka Station
Waktu  : 30 menit
Biaya:  320 yen

Kenapa kami ke shin-osaka station?
Karena kami ingin mengajak anak kami naik shinkansen dari sini ke Kyoto. Sekali-kali coba naik shinkansen karena dengan jarak dekat seperti ini, biayanya tidak terlalu mahal.


10.10- 10.30
Beli tiket shinkansen dan naik shinkansen. :)

Untuk minna yang sudah memiliki JR Pass, minna bisa naik shinkansen dengan free. Tapi, sebelum memutuskan membeli JR Pass dari negara asal, minna bisa cek dulu kira-kira pay-off atau nggak. Pay-off ini bahasa kerennya untuk "balik modal". :)
Untuk tahu minna pay-off atau nggak, minna bisa input rute yang minna tuju (sesuai itinerary yang telah minna buat) pada Japan Rail Pass Calculator di link berikut: http://www.japan-guide.com/railpass/

Bagi minna yang tidak memiliki JR Pass seperti saya, minna bisa langsung beli tiket shinkansen di vending machine yang tersedia di stasiun. Untuk mempercepat dan mengefisien waktu minna saat beli di stasiun, minna jangan lupa cek terlebih dahulu jadwal shinkansen melalui link ini http://www.hyperdia.com/en/

Pada saat minna mengecek jadwal shinkansen di hyperdia, minna perlu memperhatikan hal-hal berikut:
- Tetapkan tanggal dan perkiraan waktu minna menggunakan shinkansen
- Tetapkan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan
- Tetapkan apakah minna ingin menggunakan shinkansen dengan reserved seat atau unreserved seat.

Reserved seat berarti minna akan membeli kursi dengan harga yang tertera di hyperdia. Ini akan menjamin minna sekalian untuk dapat tempat duduk di shinkansen tersebut.

Unreserved seat berarti minna tidak membeli kursi untuk naik shinkansen ini. Minna bisa saja beruntung akan mendapatkan free seat. Bisa juga minna berdiri selama perjalanan. Untuk yang tidak masalah berdiri, ini pilihan tepat karena bisa menghemat pengeluaran. Tapi, tidak ada salahnya bagi minna untuk mencoba keberuntungan dengan menerapkan trik2 ini saat minna memutuskan untuk memilih jenis shinkansen yang akan minna tumpangin:
1. Lihat train timetable dari setiap jenis shinkansen yang ada (melalui hyperdia). Pilih shinkansen yang keberangkatannya dimulai dari stasiun tempat minna berangkat. Ini berarti minna ada di stasiun pertama keberangkatan (memperbesar peluang minna untuk dapat tempat duduk)

2. Pada saat antri, minna harus antri di pintu masuk gerbong yang khusus unreserved seat, biasanya gerbong 1 sampai 2. Jadi, jangan salah antri, minna bisa diturunkan di tengah jalan lhoo kalau salah masuk gerbong. Soalnya gerbong yang lainnya adalah untuk penumpang yang reserved seat. Untuk mengetahui gerbong unreserved seat yang mana, minna harus lihat di timetable yang terpasang di stasiun tempat keberangkatan (biasanya berada persis di platform tempat minna antri).

Oh iya, untuk shinkansen ini ada 3 jenis, yaitu nozomi, hikari, dan kodama. Perbedaannya terutama pada jumlah pemberhentiannya. Biasanya nozomi itu jumlah pemberhentiannya sedikit jsehingga waktu tempuhnya lebih cepat dibanding shinkansen lainnya. Harganya pun pasti lebih mahal dibanding yang lainnya.

Berdasarkan searching-searching di hyperdia, kami akhirnya memutuskan untuk naik Shinkansen Hikari 516 (10:16) atau Shinkansen Hikari 464 (10:43) dengan status unreserved seat (mencoba keberuntungan dengan tips yang tadi. :) )
Harga: 1.420 yen
Waktu: 15 menit


10.00- 11.00
Sampelah kita di Kyoto Station.
Di sini kami berencana beli tiket terusan/one day pass bus kyoto untuk hari ini.
Lokasi pembelian one day pass bus ini ada persis di depan stasiun kyoto, yaitu di subway/tourist information. Minna bisa naik bus plat yang angkanya berwarna putih dengan free seharian.
Harga: 500 yen

Di Kyoto Station ini juga, kami titip  barang di loker. Dengan cara memasukkan koin sesuai dengan yang tertera di loker. Harganya bermacam-macam tergantung besarnya loker.

Minna jangan lupan foto di Kyoto Tower yang berada persis di depan stasiun kyoto.
Kalau minna tertarik untuk naik ke kyoto tower ini, minna cukup jalan kaki dari stasiun kyoto.
Minna bisa melihat pemandangan Kyoto dari ketinggian.
Harga: 770 yen
Business Hour: 09.00 - 21.00
Website: https://www.keihanhotels-resorts.co.jp/kyoto-tower/sp/

11.00- 11.15
Otw ke Railway Museum Kyoto pakai one day pass bus. Bus nya No 2 atau nomor 33
Rute:
Kyoto Ekimae Bus Stop to Umekoji Koen Mae Bus Stop: 10 min, 230 yen
Googlemap:  https://goo.gl/maps/bup6iocCu8M2

Lama perjalanan: 10 menit
Biaya: 230 yen. Kalau pakai one day pass bus, minna bisa naik bus ini dengan FREE

11.30 - 16.00
Explore Museum Kereta Api/Railway Museum  Kyoto. Sebelumnya Naufal pernah ke Railway museum di Saitama. Tapi, kali ini pengen coba di Kyoto karena kabar-kabarnya railway museum kyoto ini adalah yang terbesar. Jadi, railway ini berisi berbagai jenis kereta api dari zaman ke zaman. Anak-anak dan orang dewasa juga bisa naik ke shinkansen atau kereta api yang dipajang dan bisa menjadi masinis sehari.

Di sini kami juga lunch (bawa bekal). Untuk solat, bisa cari pojokan sepi di museum ini.

Operational Hour: 10.00-17.30 (No admission after 5:00 p.m.). closed: wednesday (rabu)

Harga: General admission (18 years and older): 1,200 yen
            University and high school students: 1,000 yen
            Junior high and elementary school students: 500 yen
            Children (3 years and older): 200 yen
Website: http://www.kyotorailwaymuseum.jp/


16.00 - 16.20
Otw ke Kyoto Station  pakai one day pass bus
Bus nya No 110 atau 02

Rute:
Umekoji Koen Mae Bus Stop to Kyoto Ekimae Bus Stop
Googlemap:  https://goo.gl/maps/TeKd9ZYttAm

Waktu: 15 menit
Harga: 230 yen. Kalau pakai one day pass bus, minna bisa naik bus ini dengan FREE

16.20 - 17.40
Ambil barang di loker stasiun kyoto. Sekalian beli makan malam di convenience store terdekat. Setelah itu langsung otw ke penginapan pakai one day pass bus.
Bus Nomor 205 atau 17

Rute:
Kyoto ekimae bus stop to Kawaramachi matsubara bus stop
Googlemap: https://goo.gl/maps/aemVCmu3C6z

Waktu: 15menit
Harga: 230 yen. Kalau pakai one day pass bus, minna bisa naik bus ini dengan FREE

17.45
Check in di penginapan. Kebetulan kita dapat AirBnB di Gion, namanya Kyoto Gion.
Link AirBnB nya: AirBnB Gion
Untuk tips cara pesan di AirBnB bisa dibaca pada postingan: Day 1 Osaka

Untuk lihat itinerary day sebelumnya bisa klik link di bawah ini:
Day 1 & 2: Osaka Day1&2
Day 3: Osaka Day3
Day 4: Osaka Day4

Comments

Popular Posts