Featured

Here we go, One Day Trip to Tokyo Disneyland

17 Agustus 2017

Di postingan sebelumnya saya sudah jelaskan hal-hal apa saja yang wajib minna ketahui untuk datang ke Tokyo Disneyland. Sekarang here we go, ini nih real nya. Biar minna sekalian bisa mengikuti alur kami saat ke Tokyo Disneyland.

Stasiun terdekat Tokyo Disneyland adalah Maihama Station. Dari tokyo station diperlukan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan train (JR Keiyo Line: 200 Yen: googlemap).

Begitu sampai Maihama Station, minna menuju South Exit. Lalu keluar dengan cara menempelkan kartu suica/pasmo/JR Pass atau tiket lainnya di pintu keluar south exit tersebut.

South Exit Maihama Station

Tempelkan Suica/Pasmo/JR Pass atau masukkan tiket sejenis

Begitu sampai di luar stasiun, apabila minna ingin naik monorail, minna bisa menuju ke arah kiri stasiun. Nanti minna akan ketemu tiket counter untuk naik monorailnya. Apabila minna ingin  jalan kaki, minna menuju ke arah sebelah kanan stasiun maihama (south exit).

Monorail Bernuansa Mickey

Dari maihama station (south exit), kami jalan kaki. Jaraknya sekitar 550 meter dengan waktu tempuh sekitar 7 menit: googlemap.  Untuk jalan kaki, minna ke arah sebelah kanan stasiun, nanti minna akan ketemu jalan menanjak (jembatan). Di sebelah kiri jalan, minna bisa melihat monorail mickey yang lewat sedangkan sebelah kanan jalan adalah rel kereta api.

Suasana Pejalan Kaki (setelah belok kanan dari south exit maihama station)

Minna jalan lurus terus, nanti minna akan ketemu gedung yang ada tulisan Bon Voyage atau iklan2 disney lainnya. Ini adalah tempat menjual souvenir. Minna bisa membeli souvenir di sini, terutama bagi minna yang tidak ada rencana untuk masuk ke Tokyo Disneyland ini. Tapi, apabila minna berencana untuk masuk ke Disneyland, minna sebaiknya membeli souvenir di dalam wahana. Di dalam tokyo disneyland banyak sekali toko souvenir yang menjual berbagai jenis mainan, pernak pernik atau pakaian yang unik.

Tulisan Bon Voyage. Toko Souvenir berada di sebelah kiri jalan

Dari toko souvenir, minna jalan lurus terus. Nanti minna akan ketemu gerbang gede yang tulisan TOKYO DISNEY RESORT. Keep moving yaaa. Jalan terus melalui gate tersebut. Jangan lupa foto2.. hehehe


Tokyo Disney Resort Gate

Setelah memasuki Tokyo Disney Resort Gate, minna akan ketemu lagi gerbang. Tapi kali ini tulisannya adalah Tokyo Disneyland. Minna bisa lega kalau sudah ketemu gate ini. Tapi, masih jalan terus yaaa.
Tokyo Disneyland Gate (Sorry tulisan kebalik, mode selfie)

Setelah melewati gerbang Tokyo Disneyland, minna jalan lurus terus (ini di atas jembatan). Minna bisa melihat gedung2 tinggi, jalan raya (halte bus), dan kereta mickey.

Jalan (jembatan) setelah melewati Tokyo Disneyland Gate

 Jalan santai tadi akhirnya mempertemukan kita ke petugas tokyo disneyland. Di sini barang bawaan minna akan diperiksa oleh petugas. Tas yang dibawa dibuka yaa, nanti petugas akan melihat isinya. Untuk yang sudah punya tiket disneyland, di sini belum waktunya untuk menunjukkan tiket.

Gerbang Pemeriksaan Barang Bawaan

Setelah barang bawaan minna diperiksa, minna bisa masuk menuju gerbang selanjutnya. Di sini adalah tempat pembelian tiket Tokyo Disneyland. So, bagi minna yang belum mempunyai tiket tokyo disneyland, minna harus antri dulu yaa di counter pembelian tiket. Tapi, bagi minna yang sudah punya tiket Tokyo Disneyland, minna bisa langsung melewati gerbang ini dan menuju gerbang selanjutnya. So, sesuai postingan saya  sebelumnya, saya sarankan minna membeli tiket terlebih dahulu sebelum datang ke tokyo disneyland agar waktu kunjungan lebih efektif dan efisien. :)
Gerbang dan Lokasi Pembelian Tiket (Untuk yang Belum Memiliki Tiket)


Selanjutnya, minna akan ketemu gate yang ditunggu-tunggu. Ini adalah pintu masuk Tokyo Disneyland. Persiapkan tiket masuk minna. Untuk yang beli e-ticket, jangan lupa dilipat menjadi 8 bagian seperti yang sudah saya jelaskan di postingan  sebelumnya. Di sini petugas akan melakukan scan "barcode" yang ada di tiket masuk minna. Waktu kami berkunjung, petugas hanya scan barcode tiket kami, tidak meminta kartu identitas lainnya.

Gerbang Scan "Barcode" Tiket


Taraaaaaaa, minna sudah sampai. Minna akan ketemu gerbang bertuliskan Tokyo Disneyland. Spot menarik untuk mengabadikan moment di sini. Gedung yang pertama kali minna temui ini adalah bagian dari zona World Bazaar. Masih ingatkan zona2 yang ada di Disneyland seperti yang saya jelskan di postingan sebelumnya.

World Bazaar. Gedung pertama yang ditemui setelah masuk Tokyo Disneyland.
(Tempat solat bisa menghubungi information center yang berada di ruangan paling kiri dari gedung yang ada di foto ini)

Untuk yang muslim, kalau cari tempat solat minna bisa mengunjungi information center yang lokasinya di ruangan paling kiri dari gedung yang ada di gambar diatas. Untuk menggunakan ruangan solatnya, minna terlebih dahulu ke resepsionis yang ada di gedung itu. Bilang aja "prayer room", kalau mereka tidak ngerti juga, tunjukin logo prayer room dari handphone minna. Nanti petugasnya akan ngecek ruangannya sedang digunakan atau tidak.

Logo Prayer Room (Tunjukan logo ini ke petugas/resepsionis)

Apabila kosong, mereka akan menyulap ruangan tamu menjadi tempat solat (kursi2 diletakkan di pinggir ruangan tersebut). Apabila ruangan sedang digunakan, minna bisa coba datang lagi beberapa jam kemudian. Jadi, kita tidak bisa melakukan reservasi ruangan tersebut. Kita datang dalam kondisi sudah siap mau solat. Untuk wudhu, minna bisa menggunakan kamar mandi/toilet yang ada di samping gedung tersebut. Alat solat jangan lupa bawa sendiri. Begitu juga halnya dengan arah kiblat, minna bisa download aplikasi untuk menunjukkan arah kiblat di handphone/smartphone minna.

Ruang Tamu yang Disulap menjadi Ruang Solat.

Setelah masuk ke Tokyo Disneyland ini, kami langsung bergegas menuju ke zona Tomorrowland. Lokasinya persis di sebelah kanan world bazaar ini. Di sini tempat yang pertama kali kami datangin adalah mesin fastpass untuk Buzz Lightyear's astro blasters. Penjelasan tentang fastpass bisa dibaca di postingan sebelumnya yaaa.

Tiket Fastpass Buzz Lightyear's Astro Blasters

Setelah mengambil tiket fastpass buzz ini, saya langsung menuju ke mesin fastpass space mountain. Eeeeh, ternyata dalam 2 jam, hanya bisa ngambil 1 jenis tiket fastpass. Jadi, saya baru bisa ambil tiket fastpass untuk wahana lain 2 jam setelah pengambilan tiket fastpass sebelumnya. Jangan lakukan kesalahan yang sama ya minna. Di tiket fastpass di atas ternyata juga ada keterangan kapan baru bisa ambil tiket fastpass selanjutnya. hehehehe

Antri Lift menuju Wahana Starjets

Sambil menunggu berlakunya tiket fastpass, kami mencoba berbagai wahana lainnya. Yang pertama kami temui adalah starjets. Satu jet bisa cukup untuk dua orang. Karena kami bertiga, jadi kami menggunakan 2 jet. Nanti jet nya akan berputar mengililingi roket. Kita bisa atur ketinggian dari jet tersebut. Untuk minna yang bawa stroller, ada parkir stroller koq di sekitar wahana. Untuk yang nggak bawa stroller, ada tempat peminjaman stroller. Saya kurang tahu bayar berapa. Lokasi peminjaman stroller bisa dilihat di peta disneyland (logonya gambar stroller).
Starjets

Di wahana ini, minna akan mendapatkan stiker starjets dari petugas. Untuk selfie2, di samping starjets ini ada papan panjang yang bertuliskan bermacam-macam dengan berbagai warna. Banyak anak-anak muda yang selfie di papan tersebut.
Salah Satu Spot Selfie di samping Starjets

Setelah zona tomorrowland ini, kami menuju ToonTown. Wahana yang kami datangi ada sekitar 5 wahana, yaitu:
- Goofy's Paint 'n' Play House
 
Jemuran Goofy (Lucu)

 Wahana ini antriannya sedikit. Untuk anak-anak, mereka pasti senang karena akan bermain tembak-tembakan seperti menembak cat berwarna-warni di ruangan Goofy. Lama permainan sekitar 1,5 menit.

Mengecat di ruangan Goofy

- Donald's Boat
  Lokasinya persis disamping wahana goofy tadi. Ini adalah Boat dari Donald. Anak-anak bisa memencet tombol yang ada di boat ini dan akan keluar berbagai jenis suara. Di sini juga anak-anak bisa merasakan bagaimana menjadi nahkoda.
Donald's Boat

Jadi Nahkoda sehari

- Chip 'n Dale's Treehouse
   Lokasinya persis di sebrang Donald's Boat. Ini adalah rumah kayu. Minna bisa masuk dan naik ke rumah kayu ini.

Pintu Masuk Chip 'n Dale's Treehouse 

Tombol bunyi Madu di dalam rumah kayu

- Gadget's Go Coaster
  Lokasinya berada di samping Donald's Boat. Ini adalah sejenis roler coster kecil tapi cukup menengangkan. Antriannya cukup panjang tetapi waktu antriannya tidak terlalu lama karena roler coaster ini permainannya hanya sebentar, sekitar 1 menit.
Gadget's Go Coaster


Untuk yang bawa anak, perlu diperhatikan tinggi badannya, karena untuk masuk ke wahana ini minimal tinggi badan anak 90cm. Nanti ada petugas yang akan mengukur tinggi badan anak. Apabila tinggi badannya lebih dari 90 cm, anak minna akan dikasih gelang kertas. Selain itu, untuk yang hamil atau punya penyakit kronis (seperti jantung), tidak diperbolehkan mengikuti permainan ini.


Gelang Kertas Warna Biru 
yang menandakan tinggi badan >90 cm

 - Minnie's House
   Ini wahana terakhir yang kami datangi di zona ToonTown ini. Lokasinya sebrang rumah Goofy tadi. Bentuk rumahnya persis rumah minnie yang ada di film. Interior dan furniture rumahnya juga serba minnie.

Rumah Minnie

Ruang Tamu Minnie's House

Dari toontown ini, kami menuju fantasyland. Letaknya persis setelah toontown. Di sini kami bagi tugas. Anak dan suami saya istirahat terlebih dahulu untuk makan siang, saya meluncur ke tomorrowland lagi untuk mengambil tiket fastpass. Ini sudah waktunya saya diperbolehkan ngambil tiket fastpass. Jadi, perhatikan waktunya yaaa, manfaatkan sebisa mungkin tiket fastpass ini. Karena menguntungkan minna sekali untuk memperoleh antrian yang lebih pendek.

Fastpass Star Tours

Awalnya, saya menargetkan ngambil tiket fastpass untuk space mountain. Saya lihat di jadwal penggunaan tiketnya, ternyata baru bisa dipake untuk jam 8 malam. Sedangkan jam segitu kita sudah berencana stay untuk melihat pertunjukan di istana cinderela. Alhasil saya ngambil tiket fastpass Star Tours aja. Karena waktunya masih sore (15.35 - 16.35).

Setelah kami istirahat (makan dan solat), sembari menunggu fastpass, kami beli souvenir dulu di toko-toko souvenir yang ada. Harganya bermacam-macam mulai dari 500 yen.
- Mr. Potato (Film Toy Story) harganya 500 yen (sekitar Rp.60rb)


- Mobil Mc. Queen di dalamnya ada popcorn (film Mc. Queen) harganya sekitar 2000an yen (sekitar Rp.250rbuan)



- Baju khas Disney. Kami pilih mickey. Harganya 1900 yen (sekitar Rp.230rb)

Langsung dipake Bajunya. hehehe

Habis shopping, kita langsung menuju tomorrowland lagi. Sudah waktunya tiket fastpass untuk star tours digunakan. Jangan lewat waktu ya minna, klo kelewatan, nanti nggak bisa dipake tiket fastpass nya. Menurut saya, wahana star tours ini sangat menarik. Menjelajahi ruang angkasa dengan memakai kaca mata 3D. Berasa benar-benar seperti di dalam kapal luar angkasa. Amazing banget.

Untuk yang bawa anak, perlu diperhatikan tinggi badannya, karena untuk masuk ke wahana star tour ini minimal tinggi badan anak 102cm. Nanti ada petugas yang akan mengukur tinggi badan anak. Apabila tinggi badannya lebih dari 102 cm, anak minna akan dikasih gelang kertas berwarna pink. Apabila kurang dari 102 cm, anak minna tidak bisa masuk wahana ini.

Kaca Mata 3D

Setelah star tours, kami langsung menuju Buzz Lightyear (tiket fastpass kami yang kedua). Ini permainan tembak-tembak gitu. Nanti kita naik kapal gitu sambil nembak2in musuhnya Buzz. Untuk anak-anak sih seru. Apalagi anak saya doyan banget nonton film toy story.

Wahana Buzz Lightyear's Astro Blasters

Naufal with Buzz

Tiket fastpass ditangan sudah habis, kita siap2 nonton parade siang  "Happiness Is Here" (tema parade berubah-ubah sesuai musim). Seru abis paradenya. Banyak kartun-kartun Disney serta kendaraan khas Disney. Diiringi dengan musik dan tarian yang menakjubkan. Lama parade sekitar 20 menit. Kami kebetulan nontonnya dari depan Cinderella Castle. Kita duduk lesehan gitu, jadi jangan lupa bawa tikar yaa, bisa dibeli di Daiso.

Iklan dulu yaaa. 17an. :)

Lihaaat, ada mickey nya (Salah satu yang ada di parade)

Jangan lewatkan parade ini yaa. Ciri-ciri parade mau dimulai adalah banyak orang yang duduk lesehan di pinggir jalan2 sekitar cinderella castle. Ada petugas juga yang berjaga. Lokasi jelasnya lihat di map disneyland yaa.

Setelah selesai parade, kami tetap berada di fantasyland. Menuju wahana Alice's Tea Party. Kita masuk ke gelas teh jumbo yang akan berputar-putar. Kita bisa mengatur kecepatan putaran dari gelas teh jumbo yang kita naiki.

Wahana Alice's Tea Party

Di dalam Gelas Teh Jumbo. :)

Dari sini kami menuju ruangan solat tadi. Untuk menunaikan solat asar sekalian nunggu maghrib. Diperjalanan kami melewati istana cinderela. Sekalian foto-foto dulu yaa di istana yang khas banget ini.

Cinderella Castle

Setelah maghrib, kita ke zona Adventureland. Di sini kita berpetualang ke alam bebas. Seru banget berpetualang gelap2an. hehehe
Wahana yang kami ikuti adalah  jungle cruise:wildlife expeditions. Kami naik kapal yang bermuatan sekitar 30an orang. Kapalnya berkeliling menjelajahi hutan sekitar 10 menit. Kita bisa bertemu berbagai macam hewan liar seperti gajah, buaya, singa, dan sebagainya. Di tengah-tengah petualangan, kita juga akan melewati air terjun. Wahana ini menurut saya seru dilakukan di malam hari.

Pintu Masuk Jungle Cruise: Wildlife Expeditions

Persis disebelah jungle cruise, ada wahana "Western River Railroad".  Ini merupakan kereta api uap. Kereta api berkeliling mengitari zona Adventureland, Critter Country, dan Westernland selama 15 menit. Kita akan berpetualang melewati hutan tropis yang misterius dan daerah barat Amerika di zaman pembukaan area baru. Banyak dinosaurus, orang-orang Indian, serta berbagai hal unik lainnya. Dari kereta uap ini, kita bisa melihat wahana-wahana lainnya dari ketinggian. Kami bahkan menonton parade malam " Tokyo Disneyland Electrical Parade Dreamlights" dari kereta uap ini.

Zona Adventureland

Di adventureland ini juga, kami melewati Swiss Family Treehouse. Karena sudah malam, untuk zona westerland dan critter country, kami hanya berjalan melewatinya saja. Kami menuju ke depan istana cinderella untuk menyaksikan parade/dongeng seperti sebuah film yang ditayangkan di istana cinderella (jenis dongeng berubah sesuai musim). Jadi, banyak lampu berwarna warni di istana. Ada juga kembang api.

Suasana Pertunjukan Malam di Cinderella Castle

Istana Cinderella disulap menjadi buku cerita bergambar raksasa. Dunia dongeng Disney berasa nyata dalam bentuk gambar yang indah. Ini adalah hasil “projection mapping”. Luar bisa sekali. Amazing. Jangan lewatkan pertunjukan ini yaa. Pertunjukannya dimulai sekitar jam 8 malam dengan lama waktu pertunjukan sekitar 20 menit. Dalam kondisi cuaca tertentu (misalnya hujan dengan angin kencang), pertunjukan ini bisa ditiadakan. Jadi, minna harus benar-benar pilih waktu yang tepat yaa kalau mau ke Disneyland. Tips dan trik mencari waktu yang tepat sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya.

Finally, go home. Pintu keluar dan jalan ke maihama station sama seperti pintu masuk saat kedatangan yaaaa.

Kalo ada yang ingin ditanyakan, silahkan comment.

Link postingan serupa: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/10/yang-mau-ke-disneyland-tokyo-wajib-baca.html

Tempat jalan-jalan lainnya:
Fire museum Tokyo: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/08/fire-museum-shinjuku-tokyo10-lantai.html

Kawaguchiko Lake: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/refreshing-ke-lake-kawaguchiko.html

Sightseeing Boat Kawaguchiko Lake: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/di-belakang-itu-sightseeing-boat-yang.html

Kachi2 Ropeway: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/naik-kachi2kawaguchiko-ropeway-lihat.html

Thomas Land Shim-Misato Lalaport: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/bermain-di-thomas-land-lalaport.html

Main ski nagano: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/main-ski-dan-bikin-boneka-salju-di.html

Comments

Popular Posts