Skip to main content

Featured

Here we go, One Day Trip to Tokyo Disneyland

17 Agustus 2017 Di postingan sebelumnya saya sudah jelaskan hal-hal apa saja yang wajib minna ketahui untuk datang ke Tokyo Disneyland. Sekarang here we go, ini nih real nya. Biar minna sekalian bisa mengikuti alur kami saat ke Tokyo Disneyland. Stasiun terdekat Tokyo Disneyland adalah Maihama Station. Dari tokyo station diperlukan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan train (JR Keiyo Line: 200 Yen:  googlemap ). Begitu sampai Maihama Station, minna menuju South Exit. Lalu keluar dengan cara menempelkan kartu suica/pasmo/JR Pass atau tiket lainnya di pintu keluar south exit tersebut. South Exit Maihama Station Tempelkan Suica/Pasmo/JR Pass atau masukkan tiket sejenis Begitu sampai di luar stasiun, apabila minna ingin naik monorail, minna bisa menuju ke arah kiri stasiun. Nanti minna akan ketemu tiket counter untuk naik monorailnya. Apabila minna ingin  jalan kaki, minna menuju ke arah sebelah kanan stasiun maihama (south exit). Monorail Bernuansa Mickey Da

Yang mau ke Disneyland Tokyo Wajib Baca

17 Agustus 2017

Di hari kemerdekaan Indonesia, kami pergi ke Disneyland Tokyo, Jepang. Dari pengalaman tersebut, ada beberapa hal yang menurut saya perlu diperhatikan agar waktu kunjungan menjadi efektif dan efisien:

1. Cek Jadwal Disneyland 
Sebelum memutuskan hari apa minna akan pergi ke Disneyland, minna jangan lupa mengecek jadwal disneyland. Yang diperhatikan adalah banyaknya pengunjung di hari tersebut serta perkiraan cuacanya. Minna harus pandai memilih hari kunjungan yang jumlah pengunjungnya tidak terlalu penuh. Selain itu, pilih juga hari yang cuacanya tidak hujan (cerah dan berawan).  Kalau minna datang saat hujan, siap-siap untuk kecewa karena tidak dapat menyaksikan beberapa festival outdoor.

Untuk mengecek jumlah pengunjung dan cuaca, minna bisa buka link ini:
Cek Jadwal Tokyo Disneyland/Disneysea

Ini contoh prediksi cuaca dan jumlah pengunjung yang ada pada link di atas:

 

Maaf ya minna, jadwalnya agak aneh karena pakai google translate. hehehe

Cara membaca jadwalnya, yaitu:
1. Hari yang paling kiri adalah hari minggu sedangkan yang paling kanan adalah sabtu

2. Angka 1, 2, ...., 30 adalah tanggal untuk bulan tersebut. Kebetulan di sini saya pilih bulan September 2017. Untuk mengganti bulan, minna tinggal klik tulisan next month

3. Angka yang ada di dalam kotak berwarni warni itu menandakan banyaknya jumlah pengunjung (dalam ribuan orang). Jadi, kalau angkanya 63 berarti diprediksi ada 63 ribu orang yang akan berkunjung pada hari itu. Sedangkan warna kotaknya menunjukkan kategori jumlah pengunjung.

Jumlah pengunjung dikategorikan menjadi 8, yaitu:
- Warna Putih: pengunjung kurang dari 20 ribu orang (cepat)
- Warna Biru: pengunjung antara 20 ribu sampai 24.999 ( sangat lowong/lengang)
- Warna Hijau: pengunjung antara 25 ribu sampai 39.999 (lowong/lengang)
- Warna Kuning: pengunjung antara 30 ribu sampai 39.999 (kondisi normal)
- Warna Orange: pengunjung antara 40 ribu sampai 49.999 (agak ramai, bingung jika tidak familiar dengan tempatnya)
- Warna Merah: pengunjung antara 50 ribu sampai 59.999 (ramai, sangat bingung apabila tidak terbiasa)
- Warna Coklat: pengunjung antara 60 ribu sampai 69.999 (sangat ramai, perhatikan adanya pembatasan pengunjung)
- Warna Hitam: pengunjung lebih dari atau sama dengan 70 ribu orang (sangat sesak/penuh, perhatikan adanya pembatan pengunjung)

Saya rekomendasikan pilih yang berwarna putih/biru/hijau/kuning. Apabila tidak memungkinkan, warna orange juga masih OK. Usahakan untuk menghindari datang pada saat warna merah/coklat/hitam.

4. Ada gambar awan, payung, matahari, dan pohon ditiup angin menunjukkan cuaca pada hari itu. Gambar awan berarti cuaca berawan/mendung.
Gambar payung berarti cuaca hujan.
Gambar matahari berarti cuaca cerah/panas
Gambar pohon ditiup angin berarti angin kencang.
Pilih yang cuacanya dengan gambar awan atau matahari.

Sebagai catatan, ini hanya prediksi. Bisa benar bisa juga agak meleset. Tapi, waktu saya berkunjung tanggal 17 Agustus 2017, semuanya sesuai prediksi. Kebetulan waktu kita berkunjung cuaca berawan dan jumlah pengunjung kategori orange.

2. Beli tiket online
Untuk efisiensi waktu pada saat kedatangan, saya rekomendasikan untuk membeli tiket terlebih dahulu sebelum datang. Hal ini menguntungkan kita karena tidak perlu antri membeli tiket. Pembelian tiket bisa dilakukan via convenience store di Jepang atau travel agent yang ditunjuk. Kalau saya kebetulan beli tiket online (e-ticket) di website resmi Tokyo Disney Resort: https://reserve.tokyodisneyresort.jp/en/top/

Kenapa saya beli online (e-ticket)? Karena kalau beli online (e-ticket), kita bisa melakukan perubahan jadwal kedatangan langsung melalui website tersebut. Tapi, untuk beli e-ticket ini, minna harus punya credit card dan harus siap untuk print tiketnya dengan kertas ukuran A4 (berwarna atau hitam putih).

Di website ini sebenarnya ada 2 pilihan pembelian tiket, yaitu e-ticket atau delivery. Perbedaannya apa?
- untuk e-ticket kita bisa bebas mengganti jadwal kedatangan melalui website sedangkan delivery harus datang ke tempat penjualan tiket di disneyland
- untuk e-ticket bisa dilakukan dimana saja sedangkan delivery hanya bisa dikirimkan di alamat jepang
- untuk e-ticket kita tidak perlu biaya tambahan sedangkan delivery kita perlu menambah ongkos kirim sebesar 390 yen per perngiriman.
- untuk e-ticket kita hanya dapat ticket online yang akan kita print di kertas A4 sedangkan delivery kita akan menerima ticket via pos dimana ukuran tiketnya sama persis dengan yang ada di tempat penjualan ticket. Jadi, e-ticket itu kita perlu melipatnya menjadi 8 bagian sedangkan delivery tidak perlu lagi. Saat melipat pastikan barcode yang di atas dan di bawah kelihatan yaaa.

E-ticket yang sudah dilipat menjadi 8 bagian
So, minna bisa pilih yang mana disukai. Kalau kami akhirnya membeli e-ticket saja. Karena bisa mudah untuk gonta ganti jadwal secara online. Maklum, kalau bawa anak kecil kadang-kadang jadwalnya tidak bisa fix.

3. Pahami Peta Disneyland

Sebelum datang, minna bisa download dan print terlebih dahulu peta disneyland. Untuk download peta disneyland bisa buka link: disneylandmap sedangkan peta disneyresort bisa buka link: disneyresortmap. Hal ini akan mengefisiensi waktu minna dalam mengunjungi wahana yang ada di Disneyland.

Peta Disneyland yang saya Tandai
Tapi, kalau belum sempat print, minna bisa minta di dalam arena disneyland, tepatnya di information center. Mereka menyediakan peta dalam bentuk leaflet dengan berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Peta Tokyo Disneyland versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
(didapat dari Information Center Tokyo Disneyland)
Peta ini sangat membantu minna dalam memahami kawasan di Tokyo Disneyland mengingat kawasan ini sangat luas yang mencakup 7 zona, yaitu:
- World Bazaar
- Tomorrowland
- Toontown
- Fantasyland
- Critter Country
- Westerland
- Adventureland

Di setiap zona tersebut terdapat pertunjukan (attractions), toko souvenir, dan restoran yang unik. Jumlah pertunjukan yang ada di setiap zona antara 2 sampai dengan 11 pertunjukan sedangkan jumlah toko souvenir dll antara 2 sampai dengan 14 toko. Untuk restoran dan tempat makan sejenis terdiri dari 2 sampai dengan 12 tempat makan. Namun, untuk yang muslim saya tidak tahu ada yang bisa di makan atau tidak. Kalau kemarin kita hanya beli popcorn (lokasi pembelian popcorn menurut rasanya juga ada di peta).

Selain pertunjukan, toko, dan restoran, ada juga beberapa zona juga yang menyediakan entertainment venues (parade atau spesial pertunjukan)  dan character greeting (temu dengan karakter di film disney, sepeti mickey). Untuk lebih jelas terkait wahana nya minna bisa cek di peta dan website tokyo disneyland:
 attractiondisneyland dan parade/show

Jadi, dalam waktu 1 hari, saya yakin tidak semua wahana bisa minna ikuti. So, minna harus memutuskan pertunjukan (attractions) mana yang akan minna kunjungi. Saat memilih jenis pertunjukannya,  untuk minna yang membawa anak balita perlu diperhatikan juga persyaratan dari attraksi yang akan dikunjungi karena ada beberapa attraksi yang mensyaratkan tinggi badan tertentu seperti:
- Star Tours: The adventures Continue (Tomorrowland) minimal tinggi badan 102 cm
- Space Mountain (Tomorrowland) minimal tinggi badan 102 cm
- Gadget's Go Coaster (Toontown) minimal tinggi badan 90 cm
- Splash Mountain (Critter Country) minimal tinggi badan 90 cm
- Beaver Brothers explorer canoes:closes at sunset (Critter Country)  saat duduk kaki anaknya harus dapat menginjak lantai canoe
- Big thunder mountain (Westerland) minimal tinggi badan 102 cm

Untuk ibu hamil juga perlu diperhatikan wahana apa saja yang tidak mengizinkan ibu hamil. Hal ini demi baby yang dikandung ibu. Selain itu, bagi minna yang punya penyakit jantung dan penyakit yang membahayakan lainnya juga ada beberapa wahana yang tidak boleh diikuti seperti:
- Star Tours: The adventures Continue (Tomorrowland)
- Space Mountain (Tomorrowland)
- Big thunder mountain (Westerland)

Selain itu, perlu diperhatikan juga wahana yang berlogo fastpass (FP). Kasih tanda khusus di wahana tersebut karena ini adalah wahana favorit pengunjung. Jadi, kalau wahana ini menjadi salah satu target minna, saat sampai di disneyland, minna bisa langsung ke wahana ini dan mengambil tiket fastpass di fastpass ticketing machine yang tidak jauh dari wahana tersebut.

4. Begitu sampai Disneyland, langsung menuju Fastpass Ticketing Machine

Tidak semua wahana tersedia tiket fastpass (FP). Wahana yang berlogo FP ini merupakan wahana favorit para pengunjung. Hal ini sebanding dengan atraksi yang ditampilkan begitu memukai. Tidak heran untuk antrian reguler membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasuki wahana ini. Tapi, apabila kita punya tiket fastpass, kita bisa masuk melalui pintu khusus fastpass dengan antrian tidak sebanyak antrian reguler. Jadi, usahakan minna segera mengambil tiket fastpass saat memasukin Tokyo Disneyland ini.

Tiket fastpass ini bisa minna dapatkan secara gratis. lokasi tempat pengambilan tiket ini biasanya berada tidak jauh dari pintu masuk wahana tersebut. Minna harus menyiapkan tiket masuk Disneyland untuk setiap anggota keluarga untuk mengambil tiket ini karena 1 tiket fastpass hanya berlaku untuk satu orang (kecuali anak usia 3 tahun atau kurang).

Sebelum memutuskan untuk megambil tiket fastpass di wahana tersebut, minna harus melihat waktu tunggu dan waktu penggunaan fastpass di papan waktu yang berada di sekitar fastpass machine (biasanya di bagian atas tempat antri pengambilan fastpass). Return time menunjukkan waktu dimana minna baru bisa masuk ke dalam wahana tersebut. Jadi, minna baru bisa menggunakan fastpass tiket pada rentang waktu yang tercantum di fastpass. Apabila minna datang ke wahana melewati rentang waktu yang ada (telat), maka tiket fastpass akan hangus. Sebaliknya, apabila belum waktunya, minna tidak bisa memasuki wahana atau minna harus antri di tempat antrian biasa. Jadi, sambil menunggu return time penggunaan tiket fastpass, minna bisa memanfaatkan waktu untuk  masuk ke wahana lainnya.

Papan Waktu Fastpass
Sumber foto: tokyodisneyland.co.jp
So, perhatikan baik2 return tiket yang ada. Apabila menurut minna waktunya kurang bagus, misalnya terlalu malam. Sebaiknya minna mengambil tiket fastpass untuk wahana yang lainnya karena setiap wahana memiliki waktu tunggu yang berbeda. Selain itu, apabila minna sudah mengambil satu tiket fastpass, minna baru bisa mengambil tiket fastpass untuk wahana yang lainnya sekitar 2 jam setelah pengambilan tiket fastpass yang terakhir.


Masukkan tiket masuk tokyo disneyland
ke lubang mesin fastpass
sumber foto: tokyodisneyland.co.jp
Untuk mengambil tiket fstpass ini, minna cukup memasukkan tiket masuk tokyo disneyland ke lubang (ada sensor) yang berada di bagian atas mesin fastpass. Setelah itu, tiket fastpass nya akan keluar dari bagian bawah mesin. Simpan dan perhatikan baik2 return time (waktu penggunaan tiket). Perhatikan juga kapan minna bisa ambil tiket yang lainnya. Jangan lupa untuk menyimpan tiket masuk tokyo disneyland dengan baik karena akan digunakan untuk mengambil tiket fastpass wahana yang lainnya (kalau masih tersedia).

diambil jam 11.01: Tiket fastpass kami yang pertama (buzz lightyear's astro blasters)

Diambil jam 11.04: belum waktunya mengambil lagi.
 Jadi, ini bukan tiket fastpass
diambil jam 13.49: Tiket fastpass kami yang kedua (star tours)
Beberapa wahana yang menyediakan tiket fastpass:
- Monster,Inc. Ride & Go seek! (Tomorrowland)
- Star tours: the adventure continue (Tomorrowland)
- Space mountain (Tomorrowland)
- Buzz Lightyear's astro blasters (Tomorrowland)
- Haunted Mansion (Fantasyland)
- Pooh's hunny hunt (Fantasyland)
- Splash mountain (Crittercountry)
- Big thunder mountain (Westernland)

5. Beli Baju atau Pernak Pernik Disney Setelah Mengambil Fastpass

6. Jangan lewatkan nighttime entertainmet (Firework and Projection Mapping)

7. Pahami Rute menuju Disneyland

8. Berangkat usahakan pagi

9. Bawa Stroller (untuk yang bawa anak)

10. Bawa bekal makan siang (khusus untuk yang mempunyai alergi makanan tertentu atau yang muslim yang hanya makan makanan halal) ==> https://www.infojepang.net/panduan-untuk-turis-muslim-di-jepang/

11. Untuk yang muslim, kalau cari tempat solat langsung menuju information center persis di sebelah kiri pintu masuk (sebrang)

Untuk penjelasan point 5 s.d. 11 serta point2 sebelumnya, bisa minna baca di postingan selanjutnya.
Mampir terus yaaaaa di blog ane.. :)

Postingan serupa: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/10/here-we-go-one-day-trip-to-tokyo.html

Tempat jalan-jalan lainnya:
Fire museum Tokyo: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/08/fire-museum-shinjuku-tokyo10-lantai.html

Kawaguchiko Lake: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/refreshing-ke-lake-kawaguchiko.html

Sightseeing Boat Kawaguchiko Lake: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/di-belakang-itu-sightseeing-boat-yang.html

Kachi2 Ropeway: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/naik-kachi2kawaguchiko-ropeway-lihat.html

Thomas Land Shim-Misato Lalaport: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/bermain-di-thomas-land-lalaport.html

Main ski nagano: http://mylifeinsaitamajapan.blogspot.jp/2017/07/main-ski-dan-bikin-boneka-salju-di.html

Comments

Popular Posts